Rabu, 04 Januari 2012

Kebanyakan Jagung dan Cokelat Bisa Ganggu Pencernaan



Jakarta - Cokelat dan jagung diketahui dapat mengganggu saluran pencernaan. Makanan enak ini punya pengaruh juga terhadap sistem pencernaan jika kita makan terlalu banyak. Makanan apa saja yang dapat mengganggu pencernaan?

Makanan Tinggi Lemak
Makanan tinggi lemak dan digoreng dapat meningkatkan asam lambung dan perut akan terasa panas. Jika tinja berwarna pucat itu pertanda ada lemak berlebih di dalam perut. Bagi yang menderita iritasi pada usus besar harus menghindari makanan tinggi lemak termasuk mentega dan krim.

Cabai Rawit
Masakan pedas dapat menurunkan tekanan otot di bagian bawah kerongkongan, dan membuat asam lambung keluar ke kerongkongan. Demikian yang dinyatakan oleh Tim McCashland, MD, seorang ahli pencernaan di University of Nebraska Medical Center, di Omaha.
Jika banyak makan cabai rawit perut akan menjadi mulas. Ini bisa menjadi masalah bagi orang yang mengalami iritasi usus besar atau yang menderita maag kronis.

Susu
Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan didapatkan dari produk olahan susu seperti susu segar dan keju. Tetapi perlu berhati-hati terhadap kandungan laktosa yang dapat menyebabkan diare, kembung, dan kram perut. Alergi terhadap laktosa sudah menjadi masalah umum dan tidak baik jika diminum orang yang memiliki masalah pada enzim laktasenya. Enzim laktase berfungsi untuk memecah laktosa di dalam usus.

Alkohol
Minum alkohol dapat menenangkan tubuh, namun sayangnya alkohol juga dapat melemahkan lambung. Hal ini dapat membuat perut menjadi mulas dan asam lambung meningkat.
Minuman ini juga dapat memecah nutrisi yang telah diserap. Terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan diare dan kram perut kecuali jika anda minum sesuai aturan maksimal dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas sehari untuk wanita.

Buah Berries
Buah berries baik untuk kesehatan, tetapi buah kecil ini juiga bisa menjadi masalah bagi orang yang usus besarnya meradang atau terinfeksi.

Cokelat
Sebuah penelitian ditahun 2005, menunjukkan bahwa cokelat bisa menjadi masalah pada pasien yang mengalami iritasi pada susu besar atau mengalami sembelit kronis. Cokelat baik untuk kesehatan. Untuk orang yang alergi terhadap susu sebaiknya hindari makan cokelat karena akan menyebabkan kram perut, kembung dan diare.

Minuman Bersoda
Minuman bersoda dapat membuat asam lambung terbatas di dalam perut, yang dapat menyebabkan diare dan kram.

Jagung
Jagung kaya akan serat, tetapi juga mengandung selulosa atau jenis serat yang sulit dihancurkan. Kita tidak memiliki enzim untuk memecahkan selulosa dengan cepat. Untuk itu jangan konsumsi jagung secara berlebihan.

http://www.detikfood.com/read/2012/01/05/102303/1807152/900/kebanyakan-jagung-dan-cokelat-bisa-ganggu-pencernaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar