Selasa, 20 Desember 2011

Ingin Kulit Mulus? Makanlah Edamame dan Wortel!

 
Jakarta - Memiliki kulit mulus dan halus adalah dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit cantik dan mulus tidak harus ke salaon. Banyak makanan segar dan sehat bisa memelihara kesehatan kulit. Seperti edamame, wortel dan ikan tuna.

Seperti yang dikatakan Kerri-Ann Jennings, MS, RD Associate Editor Nutrisi untuk Majalah EatingWell, “saya tahu bahwa apa yang anda makan dapat melindungi kulit dari kerusakan dan kekeringan akibat sinar ultraviolet, dan juga dapat mencegah penuaan.”

Banyak makanan sehat yang mudah didapat dan berfungsi untuk merawat kulit. Berikut beberapa makanan sehat dan terbaik untuk kulit.

Kopi
Sebuah penelitian dilakukan yang melibatkan 93.000 responden wanita oleh European Journal of Cancer Prevention. Mereka yang minum 1 cangkir kopi per hari resiko terkena kanker kulit berkurang sekitar 10%. Semakin banyak minum kopi hingga 6 cangkir atau lebih maka resikonya akan semakin rendah.

Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang kaya akan isoflavon yang berperan sebagai antioksidan. Isoflavon bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas berbahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Juga dapat membantu mengencangkan kulit, karena fungsi kolagen yang mulai menurun mulai usia 20 tahun.

Teh
Penelitian menunjukkan kafein dalam teh dapat membantu melindungi kulit terhadap resiko kanker kulit. 'Kafein pada dasarnya dapat membunuh sel-sel kulit penyebab kanker, ' ungkap Paul Nghiem, MD, Ph.D., profesor dermatologi di University of Washington Medical School.

Wortel
Wortel mengandung betakaroten dan likopen karotenoid yang dapat melindungi kulit akibat sinar UV. Dalam sebuah studi, peserta yang terkena sinar UV sekitar 50% kulitnya memerah. Setelah minum 1 1/2 setengah cangkir jus wortel atau makan 2 1/2 sendok makan pasta tomat setiap hari selama 10 sampai 12 minggu, kulit yang memerah sedikit berkurang.

Ikan Tuna
Tuna kaya akan omega-3 yang dapat membuat kulit terlihat muda dan cerah. EPA (Eicosapentaenoic Acid) adalah salah satu lemak omega-3 yang ada di ikan, telah terbukti untuk menjaga kolagen yaitu suatu protein berserat untuk mengencangkan kulit. Sedangakn DHA (Docosahexaenoic Acid), membantu mencegah kanker kulit dengan mengurangi senyawa penyebab pertumbuhan tumor. Makan 2 porsi ikan dalam seminggu selain untuk membuat kulit menjadi cantik juga baik untuk kesehatan jantung.

Brokoli
Sayuran ini banyak mengandung vitamin C, yang dapat membantu mencegah kulit keriput dan kering akibat faktor usia. Hal ini diungkap oleh penelitian American Journal of Clinical Nutrition tahun 2007.

Bayam
Bayam memiliki kandungan lutein yaitu suatu karotenoid yang melindungi kulit dari sinar UV. Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa bayam yang disimpan terus menerus di bawah cahaya sedikitnya 3 hari akan meningkatkan kandungan vitamin C, E , K, asam folat dan karotenoid lutein.

Cokelat
Cokelat, teh dan wine mengandung flavonoid yang disebut epikatekin yaitu komponen pelifenol utama. Pada penelitian yang melibatkan 24 responden wanita, dalam Journal of Nutrition minum minuman yang mengandung epikatekin setiap hari selama 12 minggu tekstur kulit akan menjadi lembut. Epikatekin dapat meningkatkan aliran darah kekulit, meningkatkan gizi dan memompa oksigen ke seluruh tubuh. Kedua faktor tersebut sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

http://www.detikfood.com/read/2011/12/21/111750/1796306/900/ingin-kulit-mulus-makanlah-edamame-dan-wortel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar