Minggu, 01 Januari 2012

Buah dan Sayuran Saja Tak Cukup untuk Menjaga Berat Badan



Jakarta, Kelebihan berat badan dianggap erat kaitannya dengan pola makan tak sehat dan kurangnya asupan buah-buahan dan sayur. Namun sebuah penelitian di Eropa menemukan bahwa itu saja tidak cukup, harus diikuti dengan berhenti merokok.

Para peneliti menemukan bahwa hampir 374.000 orang dewasa di 10 negara Eropa yang dipantau selama lima tahun dan hanya makan buah-buahan dan sayur-sayuran saja tidak berkurang kemungkinannya untuk mengalami kenaikan berat badan.

Makanan nabati penuh dengan nutrisi yang dapat membantu menangkal penyakit kronis seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa orang-orang kelebihan berat badan yang diminta untuk makan lebih banyak buah dan sayuran mampu membantu menurunkan berat badannya.

Dalam penelitian yang dimuat American Journal of Clinical Nutrition baru ini, Anne-Claire Vergnaud dari Imperial College London di Inggris mengumpulkan informasi pola makan dan berat badan yang dikumpulkan dari orang dewasa berusia 25 - 70 tahun. Selama lebih dari lima tahun, peserta penelitian mengalami kenaikan berat badan sekitar rata-rata 0,45 kg per tahun.

Di antara pria, berat badan umumnya menurun ketika asaupan buah dan sayuran bertambah. Tapi hubungan itu menghilang ketika peneliti memperhitungkan faktor-faktor lain seperti asupan kalori per hari, kebiasaan olahraga, dan tingkat pendidikan. Di antara wanita dengan kelebihan berat badan, responden yang mengaku makan sayuran saja cenderung mengalami kenaikan berat badan selama lima tahun berikutnya.

"Nampaknya hal itu terjadi karena program penurunan berat badan mendorong perempuan untuk lebih banyak makan sayuran. Banyak orang yang menerapkan program diet terkenal kemudian melihat berat badannya naik turun dari waktu ke waktu," kata Vergnaud seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/1/2012).

Namun ada satu kelompok di mana banyak makan buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan berat badan, yaitu orang-orang yang berhenti merokok selama masa penelitian. Alasannya mengapa masih belum jelas. Peneliti berspekulasi bahwa kebiasaan makan yang sehat dapat membantu mencegah penambahan berat badan pada para perokok yang sering diabaikan ketika masih aktif merokok.

http://www.detikhealth.com/read/2012/01/02/083103/1804355/763/buah-dan-sayuran-saja-tak-cukup-untuk-menjaga-berat-badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar