Selasa, 03 Januari 2012

Daging Tak Menambah Kolesterol Asal Disajikan Tanpa Lemak

 

Jakarta, Salah satu alasan orang menjauhi daging merah adalah takut kadar kolesterol di dalam darahnya meningkat. Kini tidak ada yang perlu dirisaukan, penelitian menunjukkan daging-dagingan tidak menambah kolesterol asal disajikan tanpa lemak.

Menurut para peneliti, daging tanpa lemak merupakan solusi yang paling tepat bagi jika ingin mengonsumsi daging tanpa harus berurusan dengan kolesterol. Sebab bagaimanapun, konsumsi daging juga penting karena merupakan sumber protein dan zat besi.

Penelitian yang dilakukan di Pennsylvania State University ini melibatkan 36 relawan yang dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing menjalankan diet berbeda yakni diet daging-dagingan berminyak, diet buah dan sayuran dan 2 sisanya menjalankan diet daging cincang rendah lemak.

Di awal penelitian, seluruh partisipan dalam penelitian itu memiliki kondisi yang sama yakni kadar kolesterol di dalam darahnya relatif tinggi. Meski dietnya berbeda, namun secara umum jumlah kalorinya sengaja dibuat sama agar bisa dibandingkan.

Setelah menjalankan diet selama 5 pekan, para partisipan menjalani pemeriksaan untuk melihat perubahan kadar kolesterolnya. Sudah bisa diduga, kelompok dengan diet daging-dagingan yang banyak mengandung lemak jahat paling banyak mengalami peningkatan kadar kolesterol.

Pada kelompok dengan diet tidak sehat tersebut, kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat teramati 139 mg/dL sedangkan total kolesterolnya 211 mg/dL. Dibandingkan ukuran normal, keduanya masih tergolong tinggi dan berisiko mengalami gangguan jantung.

Namun hasil yang berbeda teramati pada 3 kelompok lain, yakni 1 kelompok dengan diet buah dan sayuran serta 2 kelompok dengan diet daging cincang tanpa lemak. Di ketiga kelompok ini, kadar LDL hanya 129 mg/dL dan total kolesterolnya juga lebih rendah yakni 200 mg/dL.

Selain tanpa lemak, daging-dagingan juga harus dimasak dengan cara yang benar agar minyak dan kolesterolnya tidak membahayakan jantung. Dikutip dari Reuters, Selasa (3/1/2011), daging dalam penelitian ini dimasak dengan cara dipanggang, direbus dan meski ada juga beberapa yang digoreng.

http://www.detikhealth.com/read/2012/01/03/115858/1805473/763/daging-tak-menambah-kolesterol-asal-disajikan-tanpa-lemak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar