Selasa, 03 Januari 2012

Jus Apel Mengandung Arsenik?




Jakarta - Belum lama ini sebuah hasil penelitian di Amerika membeberkan fakta mengejutkan. Jus apel dan jus anggur kemasan yang beredar mengandung arsenik. Kandunagn arsenik yang ditemukan melebihi standar sehingga bisa membahayakan jiwa.

Siapa yang menyangka jus apel yang dipercaya menyehatkan tubuh ternyata tak lagi sepenuhnya aman. Adanya kandungan arsenik dalam jus apel, sebenarnya sudah menghebohkan Amerika sejak akhir November 2011 silam. Penelitian tersebut dilakukan Consumer Reports yang merupakan majalah bulanan yang mengeluarkan review khusus produk-produk makanan di Amerika.

Para peneliti mengungkapkan 10% produk sampel jus apel dan jus anggur kemasan yang diteliti mengandung kadar total arsenik diatas ambang batas aman untuk dikonsumsi. Efek serius dari arsenik meski dikonsumsi dalam level rendah dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Keadaan semakin meresahkan setelah masalah tersebut diangkat ke layar kaca lewat program populer Dr.Oz Show. Dalam acara tersebut Dr.Oz memberitakan penemuan dari Consumer Reports terhadap beberapa merk jus apel terkenal yang beredar. Penelitian memperlihatkan level kandungan arsenik yang lebih tinggi dari standar level aman yang ditetapkan oleh FDA selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika.

Selain itu, Consumer Reports juga menemukan bahwa sebagian besar arsenik yang di dikandung dalam jus yang ditest adalah organik, sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker. Oz Show telah berkomunikasi dengan FDA sejak bulan September lalu. Sebagai balasannya FDA mengirim surat kepada acara tersebut dan mengatakan bahwa mayoritas arsenik dalam jus apel bersifat organik atau 'tidak berbahaya'.

Arsenik sebenarnya merupakan bagian alami dalam kandungan air, makanan, dan tanah yang terdiri dari dua macam - organik dan anorganik. Berdasarkan keterangan FDA, arsenik organik dapat larut dengan cepat dalam tubuh dan bersifat aman. Sedangkan arsenik anorganik merupakan tipe yang biasa ditemukan dalam pestisida - merupakan racun dan mengakibatkan resiko kanker jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan lama.

Jus Apel di Amerika berasal dari konsentrat apel, 60% diantaranya diimpor dari Cina dan negara lainnya. Kemungkinan kandungan arsenik didapat karena negara penghasil menggunakan pestisida yang mengandung arsenik dan juga kandungan metal berat lainnya. Selain itu beberapa tes juga dilakukan di beberapa negara bagian di Amerika. Hasilnya Dr. Oz menemukan beberapa daerah penghasil jus apel terkenal pun positif mengandung arsenik.

Akhirnya pada bulan Desember 2011 lalu FDA mempertimbangkan untuk mengubah level standar kandungan an arsenik yang aman pada jus apel. Pertimbangan tersebut dikemukakan FDA satu hari setelah adanya tuntutan hukum kepada merek-merek jus apel yang mengandung level arsenik tinggi di Amerika.

http://www.detikfood.com/read/2012/01/03/101248/1805212/294/jus-apel-mengandung-arsenik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar